Wednesday 6 January 2016

(Ingin) Konsisten Nge-Blog

Konsisten?

Konsisten berasal dari kata konsis dan ten. Ah gaje.
Konsisten adalah satu kata yang gampang diucap tapi susah dibuat. Terus dan terus saya belajar untuk konsisten ini. Hasilnya? Ya lihat saja blog saya udah gak diupdate beberapa bulan. Haha.

Menurut Eyang Empu Tantular, ada beberapa penyebab orang (saya) jadi malas nge-blog:
  1. Pengen yang perfecto. Ini alasan utama kenapa saya gak rajin update postingan. Pengen yang sempurna. Aih, siapa sih yang gak pengen yang sempurna. Hati-hati lho kelamaan nyari yang sempurna efeknya bakal jomblo terus. Ini ngomongin apasih.. haha. Tapi benar lho salah satu alasan utama orang jarang update blog biasanya karena pengen topik yang disajikan itu sempurna. Biar yang baca nyaman. Benar sih, tapi kalau kita terlalu fokus sama yang sempurna kita bakal kehilangan momentum dan esensi dari menulis itu sendiri. Esensi menulis emangnya apa sih? Esensi menulis ya menulis. Mencurahkan hati dan pikiran tanpa ada batasan yang mengekang. Soal gaya tulisan dan topik berbobot itu cerita lain, yang penting ya menulis aja dulu boo. Ini saya pelajari secara tidak langsung dari seorang dosen saya yang oke punya. Beliau orang yang super sibuk tapi hampir tiap hari selalu menyempatkan diri buat update blog nya. Walaupun cuma beberapa baris. Alhasil blog beliau selalu terupdate setiap hari dan trafik pengunjung juga naik (efek sampingnya). Nah inilah yang jadi motivasi saya buat nge-post yang gak penting gini. Hehe..  
  2. Ke-distract sama yang lain. Apakah itu? Macem-macem; ada pacar, istri/suami, kerjaan, tugas sekolah/kuliah, bisnis n macem-macem yang lainnya. Distraksi ini kadang bikin kita lupa kalau kita punya blog. Haha. Trus gimana caranya biar tetap konsisten walaupun sibuk? Paksain nge-blog walaupun gaje, kayak dosen saya (hehe, maaf pak bercanda.. blog bapak gak gaje kok).
  3. Ngerasa gak penting. Nah kalo yang ini sih mau gimana lagi ya, soalnya tiap orang punya prioritas yang berbeda. Tapi ini kadang saya juga rasakan. Kadang kalau lagi banyak yang dikerjain sering ngerasa kalau ngeblog itu gak penting, walaupun dalam hati ya sadar kalau ini penting. Solusinya, menulislah yang gak penting. Haha..
  4. Lagi stress. Nah kalau lagi stress bawaannya pengen makan terus, jadi lupa nulis (alesan). Tapi benar sih orang kalau lagi stress punya solusi yang beda-beda. Biasanya kalau lagi stress otak kita bakal fokus sama permasalahan yang kita hadapi. Pengennya mikirin ituu terus walaupun kadang gak produktif. Mending kalau mikirin solusinya, ini malah mikirin masalahnya terus. Jadinya kadang lupa buat ngerjain atau mikirin hal lain. 
Nah itu beberapa alasan kenapa orang (alias saya) malas update blog. Solusinya ya emang harus dipaksakan. Saya anggap menulis ini latihan; jadi walaupun se gak jelas apapun itu saya harus berusaha untuk menulis. Nanti juga lama-lama tulisannya berkualitas sendiri kayak sang bapak dosen (semoga). Sir, I am following you

No comments:

Post a Comment