Saturday 9 January 2016

R.I.P. (Read In Peace)

Let me read in peace...

Masih ingat dulu kalau di sekolahan ada tulisan "Membaca adalah Jendela Dunia"? Well, I believe that. Bagi sebagian orang, ada kepuasan tersendiri yang dapat dicapai dari membaca. Adalah sifat dasarnya manusia untuk ingin tahu; saat kecil misalnya, lihat ini nanya, lihat itu nanya, semuanya ditanyakan. Perlahan-lahan beranjak dewasa pertanyaan-pertanyaan itu hilang. Kita seolah sudah tahu semua. Atau kita tidak peduli lagi. Pertanyaan tentang uang adalah pertanyaan favorit. Hal lainnya? Tidak peduli. Tekanan hidup membuat kita merasa hal selain pemenuhan kebutuhan hidup jadi tidak prioritas. Bagi yang sudah banyak uang, jalan-jalan jadi favorit. Itupun kadang bukan karena ingin tahu, tapi karena pengen belanja dan pamer. Hilang sudah.


Membaca adalah aktivitas favorit saya sejak kecil. Saya orangnya kepo; ingin tahu. Karena itu setiap ada tulisan nganggur, pasti saya baca. Pelan-pelan rasa kepo saya berkurang; tugas kuliah, finansial, dan hal-hal lainnya membuat saya jadi kurang tertarik untuk membaca. Sampai saat saya mengerjakan tesis, mau tidak mau saya harus baca banyak hal. Lambat laun perasaan kepo itu kembali, nostalgia saat dulu. Saat ketika saya bisa baca apa saja dari yang serius sampai yang fun seperti novel dan komik. Saya senang. Saya bisa tahu apa saja yang terjadi di belahan dunia nun jauh di sana. Saya bisa membayangkan apa yang terjadi ratusan tahun yang lalu tanpa harus beranjak dari kursi saya. Saya merasa rasa penasaran saya terpenuhi.

Saya suka membaca. Saya suka buku. Tapi terkadang waktu dan tekanan untuk mengerjakan yang lain membuat saya tidak menikmati apa yang saya baca. Akhirnya saya tinggalkan.

Setelah dipikir-pikir. Solusinya gampang. Tinggal bagi waktu. Dan nikmati sepenuh hati waktu yang dijalani saat ini. Komitmen. Jam ini sampai segini kerjakan apa yang jadi kewajiban. Jam segini sampai segitu nikmati apa yang ingin dinikmati. Waktu istirahat pasti berkurang. Dan memang harus. Imbangi dengan makan sehat dan olahraga. Nikmati apa yang dibaca. Read in Peace...


No comments:

Post a Comment