Thursday 10 September 2015

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Ada yang penasaran gak sih interenet itu kayak gimana?
Ada yang tau gak gimana caranya email gmail kamu bisa sampai ke orang lain?

Ada banyak banget infrastruktur yang menaungi internet ini. Di samping segala macam fasilitas dan kemudahan yang ada sekarang, internet dulu gak seperti ini lho. Kalau sekarang mah internet hampir gak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita sehari hari. Beli pulsa, pake internet; naik ojek, mesannya lewat internet; beli makan, lewat internet; mau ngobrol sama orang, gak perlu kemana mana ya lewat internet. Hampir sebagian besar hidup kita khususnya yang diperkotaan bergantung dengan internet. Tapi gimana sih cara kerjanya interenet itu sendiri?


Kalau dijelaskan dengan detail mungkin lebih dari satu semester buat ngejelasinnya ^.^. So saya bakalan ngebahas ini secara singkat aja.

Ada banyak jenis komunikasi di internet. Kamu tahu kan kalau di internet kita bisa ngelakuin banyak hal; ngirimin email, chattingan, mengakses web, ngedonlot aplikasi atau lagu, atau juga menguploadnya. Masing-masing kegiatan ini punya cara kerja yang serupa tapi tak sama. Ada beberapa protokol yang menaungi setiap kegiatan itu, misalnya SMTP untuk email, HTTP untuk web dan FTP untuk download data. Nah sekarang kita coba bahas untuk komunikasi email ya..

Kamu tahu gak kalau huruf-huruf yang kamu kirimkan gak langsung dikirimin bulet bulet dalam bentuk huruf lho. Komputer itu pada dasarnya gak mengenal yang namanya huruf atau angka. Data yang akan kita kirim sebelumnya akan diubah dalam bentuk sinyal-sinyal listrik yang direpresentasikan dalam angka 0 dan 1, atau sering kita sebut angka biner.

binary code

Lho kalau cuma dikirim angka 0 sama 1 doang gimana caranya data kita kebaca? Pertanyaan bagus. Jadi di dunia ilmu komputer ini ada semacam kesepakatan atau konvensi gimana caranya mengubah data kamu ke dalam bentuk 0 dan 1. Ada yang tahu ASCII code? Nah itu dia caranya. Jadi kalau kamu mengirimkan huruf A, yang kebaca di komputer adalah 01000001. Angka angka ini kita sebut kode biner. Kode biner ini akan dikonversi menjadi sinyal listrik yang nantinya dikirimkan lewat modem yang kamu punya. Nah sampai disini kamu udah faham gimana pesan kamu bakal dikirim.

Sekarang pertanyaannya, gimana cara ngiriminnya?
 
Saya gak bahas sekarang tapi saya kasih cluenya ya ^^". Sadar atau tidak, komputer kamu punya alamat sendiri yang namanya IP Address. Alamat ini fungsinya sama kayak alamat rumah, yaitu buat kirim sama terima surat yang dianterin pak pos. Nah alamat inilah yang nantinya berperan untuk komunikasi data kamu..

Segitu dulu aja deh, tunggu kelanjutannya ya..   ^_^


No comments:

Post a Comment