Thursday 3 September 2015

Netiket - Etika di Dunia Maya

Teman-teman ada yang pernah dengar kata netiket? Wah kalau belum pernah dengar mesti tau tuh tentang netiket. Netiket atau yang dalam Bahasa Inggrisnya netiquette secara singkat dapat kita katakan sebagai cara beretika di dunia maya. Jadi kalau di dunia nyata kita bisa disebut gak beretika kalau gak sopan sama orang tua, di dunia maya juga berlaku aturan yang sama. Hanya saja penerapan dan teknisnya tentu berbeda.


Ada beberapa sumber yang dapat kita jadikan referensi sebagai netiket dalam berinternet. Salah satunya acuan yang cukup lengkap adalah RFC 1855. RFC merupakan singkatan dari Request For Comment, adalah dokumen yang sering dijadikan acuan sebagai standar internet di seluruh dunia. Walaupun acuan ini cukup jadul karena dibikin tahun 1995, namun standar-standar yang ada di sini bisa kita jadikan pedoman untuk menerapkan internet yang beretika.

sumber gambar: https://activerain.com/image_store/
uploads/agents/secondself/files/politerude.jpg
RFC 1855 membagi dokumen ini dalam tiga bagian; komunikasi orang per orang, komunikasi ke banyak orang, dan netiket untuk layanan informasi. Dari tiga ini, yang akan kita bahas untuk sekarang adalah yang dua pertama.

Komunikasi orang per orang (One-to-One Communication


Komunikasi orang per orang ini bisa terjadi melalui email atau pembicaraan langsung (jaman itu belum ada sosial media gan :D). Tidak semua pedoman yang saya tampilkan di sini karena kebanyakan, untuk lengkapnya silakan kunjungi RFC 1855.
  1. Kalau kamu pengen nge-forward email atau me repost pesan yang udah ada, jangan ubah kata-katanya. Kalau email itu ditujukan buat kamu pribadi, pastikan kamu minta ijin ke si pengirim sebelum mem-forward email tersebut. Kamu boleh aja memotong email yang kamu forward, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya.
  2. Make things easy for the recipient. Permudah orang yang menerima email kamu. Kalo kamu mengirim email, jangan lupa cantumkan sebaris dua baris informasi kontak kamu. Ini biasa disebut signature. Signature bisa dibuat otomatis di email kamu.
  3. Gunakan huruf yang standar. Jangan gunakan huruf kapital semua. Huruf kapital biasanya dipake buat menggambarkan orang yang lagi teriak.
  4. Jangan lupa cantumin subjek di email yang kamu kirimkan. Subjek adalah gambaran umum dari isi email kamu keseluruhan.

Komunikasi ke banyak orang (One-to-One Communication

  1. Ketahui audiens sebelum kamu posting sesuatu di grup. Baca tata tertib dan aturan grup. Iklan jualan mungkin diperbolehkan di beberapa grup, namun di grup yang lain tidak.
  2. Jangan lupa munculkan signature kamu 
  3. Jangan terlibat dalam flame wars. Tau flame wars? Berantem gak jelas, debat kusir, saling ejek dsb.
  4. Cantumin kata "spoilers" kalo mau ngasih tau spoiler film atau buku yang baru muncul :D
Itu contoh-contoh netiket yang perlu kita ketahui. Banyak hal lain yang bisa kamu baca lengkap di RFC 1855 itu. Penjelasan lain tentang netiket bisa kamu dapetin di sini, di sini dan di sini.  


Nah, mungkin pertanyaannya gimana kalau kitanya anonim alias pake nama samaran. Tetep sama aja, walaupun gak ada yang tahu siapa kamu di dunia maya, tetap jaga etikanya... Oke oke? :) 

 

No comments:

Post a Comment