Monday 7 September 2015

Mengembalikan Data Flashdisk yang Disembunyikan Virus

Soree..

Kali ini pembahasan saya akan sedikit berbeda.

Beberapa hari yang lalu si adek menghubungi saya. Data di flashdisknya hilang. Itu adalah kali kedua dia menghubungi saya untuk menanyakan solusi atas masalah yang sama. Masalah ini adalah hal yang jamak terjadi, apalagi kalau flashdisk atau laptop kita adalah 'milik bersama'. Tak heran satu dua atau puluhan virus bercokol di perangkat kita. Apaalagi kalau antivirusnya gak update. Haha..


Kalau kamu punya problem yang sama, jangan panik. Saya akan coba untuk membagikan solusi sederhana bagaimana mengembalikan data flashdisk yang hilang. Kamu gak perlu install aplikasi apa-apa, cukup gunakan aplikasi yang sudah ada di laptop/komputer kamu. Cara di bawah ini saya sajikan langkah demi langkahnya untuk pengguna sistem operasi Windows. Untuk yang pake Linux pasti udah lebih jago lah ya :)

  1. Klik kiri tombol "Start Menu". Itu lho tombol yang ada di pojok kiri bawah yang gambarnya kayak jendela. Kalau di Windows 8, tombolnya yang kayak gambar rumah.
  2. Ketikkan "cmd" di kolom pencarian ("search"). Tekan enter. Nanti akan muncul aplikasi command prompt yang bentuknya seperti di bawah ini
  3. Buka Windows Explorer, lihat flashdisk kamu ada di drive yang mana. Untuk melihatnya kamu bisa lihat huruf yang tertulis setelah nama flashdisk kamu. Misalnya : FLASHDISK (E:)
  4. Nah kamu tau sekarang kalo flashdisk kamu ada di drive E. Ketikkan huruf E: di command prompt, lalu tekan enter.
  5. Ketikkan "attrib -r -a -s -h /s /d" lalu tekan enter.
  6. Nah, sekarang coba kamu lihat kembali data-data kamu. Taddaaaa, data kamu kembali kan :D
Nah kalo data di flashdisk kamu hilang, jangan panik dulu ya. Biasanya data yang hilang itu tidak benar-benar hilang tapi hanya disembunyikan oleh virus. Langkah-langkah di atas umumnya sukses mengembalikan data yang disembunyikan oleh virus. Nah kalau kamu sudah pake cara di atas tapi data kamu tetap hilang juga, kamu bisa coba balikin pake software recovery data. Banyak macam ragam software yang ada bisa kamu pilih sendiri di google. Namun kalau tetap tidak bisa juga, ya kemungkinan flash disk kamu corrupt atau udah rusak. Tapi kaan flashdisk saya baru? Hmm, flashdisk kamu palsu kayaknya. Banyak lho flashdisk-flashdisk palsu yang dijual murah. Biasanya hanya bertahan beberapa kali pake abis itu tiba-tiba gak kebaca. So, harus hati-hati juga saat membeli.

Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment